Friday, November 22, 2013

Latihan Soal-Soal IPA Semester 1

TEMATIK 2B

1. Sebutkan benda-benda dibawah ini sesuai kegunaannya :
  • Menempel kertas :
  • Untuk menulis :
  • Menghapus tulisan yang salah :
  • Menulis di papan tulis
  • Menggunting kertas
  • Dibaca ketika libur sekolah
  • Membawa alat-alat tulis
  • Membuat garis lurus
  • Untuk mencatat pelajaran
  • Mewarnai gambar
2. Isilah kolom di bawah ini
No
Nama Benda
Kegunaan
1.
Sabit

2.
Ember

3.
Keranjang Sampah

4.
Cangkul

5.
Sapu Ijuk

6.
Sapu lidi

7.
Pengki

8.
Cangkul garpu

9.
Gunting rumput

10.
Cetok




TEMATIK 2C


No
Hewan yang terlihat
Di pohon
Di tanah
Di Air
1.


2.


3.




No
Hewan yang tidak terlihat
Di pohon
Di tanah
Di Air
1.


2.


3.



 4.  Tuliskan bagian-bagian tubuh hewan dan kegunaannya
No.
Bagian Tubuh Kucing
Kegunaan
1.


2.


3.



No.
Bagian Tubuh Burung
Kegunaan
1.


2.


3.



No.
Bagian Tubuh Ikan
Kegunaan
1.


2.


3.


4.




Secara umum bagian-bagian tubuh hewan adalah tiga yaitu :
    -
    -
    -
Mengelompokkan hewan berdasarkan makanannya

No.
Hewan pemakan rumput
Hewan pemakan daging
Hewan pemakan biji-bijian













Sebutkan contoh hewan berdasarkan makannya :
Karnivora :
Herbivora :
Omnivora :

Sebutkan hewan-hewan yang mudah ditemui sesuai kelompoknya
No.
Di Sekitar Kita
Di Desa
Di Hutan
1.



2.



3.



4.



5.




Manfaat hewan bagi manusia :
  • Dimanfaatkan dagingnya, misalnya :
  • Dimanfaatkan telurnya, misalnya :
  • Dimanfaatkan tenaganya, misalnya : 
  • Dimanfaatkan kulitnya, misalnya :
  • Dimanfaatkan bulunya, misalnya : 
  • Dimanfaatkan keindahannya, misalnya :
Manfaat tumbuhan bagi manusa :
-
-
-
-
-


Tematik 2C - Hewan dan Tumbuhan

Aku sejenis buah.
Kulitku bersisik, warnanya coklat.
Daging buahku putih, warna bijiku cokelat.
Buah apakah aku?

Aku sejenis buah.
Permukaan kulitku berduri. Bauku cukup menyengat.
Rasaku bisa ditemukan pada permen, es krim, atau dodol.
Hargaku agak mahal karena rasaku enak sekali.
Buah apakah aku?

Aku sejenis buah.
Rasaku manis, bijiku banyak dan keras.
Aku bisa dimakan langsung, bis ajuga dibuat jus.
Aku bermanfaat sebagai obat demam berdarah.
Daunku yang muda bisa digunakan sebagai obat diare.
Buah apakah aku?

Aku sejenis buah.
Bentukku bult, biji banyak, rasaku manis.
Warna kulitku hijau, warna daging buahku merah.
Aku banyak mengandung air.
Akan terasa lebih segar bila aku dimakan dalam keadaan dingin.
Buah apakah aku?

Batangku menjulang tinggi.
Aku tidak bisa bercabang.
Daging buahku yang tua bisa dibuat santan.
Apakah aku?

Aku berkembang biak dengan tunas.
Batangku berlapis-lapis.
Buahku bisa digoreng atau dibuat kolak.
apakah aku?

Aku ditanam dengan cara stek.
Umbiku bisa dibuat tape atau keripik.
Daunku menyerupai jari.
apakah aku?

Aku selalu menghadap ke arah matahari.
Bijiku biasa dibuat kuaci.
Bungaku cukup besar dan berwarna kuning.
Apakah aku?

Aku bisa dibuat sambal.
Warnaku ada yang hijau ada yang merah
Rasaku pedas.
Apakah aku?

Sebutkan tanaman yang ditanam dengan biji?
-
-
-

Sebutkan tanaman yang ditanam dengan cara stek
-
-
-

Sebutkan tanaman yang ditanam dengan umbi
-
-

Sebutkan tanaman yang tidak berbiji
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

Apa yang perlu diperhatikan saat akan menanam tanaman?
-
-
-


No.
Nama Tumbuhan
Tempat Hidup
Tanah
Air
Tumbuhan Lain
1.
Jambu air


2.
Tali Putri



3.
Rumput laut


4.
Melati



5.
Cemara



6.
Teratai


7.
Jamur



8.
Bunga Matahari



9.
Benali



10.
Anggrek




Bagaimana cara merawat dan memelihara tumbuhan?
-
-
-
-

Bagian-bagian tumbuhan yang berguna bagi manusia

No.
Nama
Tumbuhan
Bagian yang berguna
Daun
Bunga
Buah
Biji
1.
Anggrek




2.
Pisang




3.
Singkong




4.
Kopi




5.
Padi




Kegunaan bagian-bagian tumbuhan :
  • Daun singkong : 
  • Bunga anggrek : 
  • Biki/bulir padi :  
  • Buah kelapa : 
  • Daun teh : 
Apa tujuan merawat tunbuhan?
-
-
-
-
-

Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan ?
-
-
-
-

Sebutkan cara merawat hewan?
-
-
-
-

Sebutkan hewan yang merugikan bagi manusia :
-
-
-
-

No comments: