Monday, September 15, 2014

IPS - Kalas 3 Semester 1

TEMATIK 3 A

* Mengidentifikasi lingkungan alam dan buatan

  • Lingkungan dapat memperngaruhi pertumbuhan manusia dan hewan.
  • Lingkungan terdiri dari lingkungan alam dan lingungan buatan.
  • Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan Tuhan yang terjadi secara alami.
  • Lingkungan buatan adalagh lingkungan yang dibuat manusia
Contoh lingkungan alam :
  • Gunung : bukit yang sangat besar dan tinggi, di dalamnya terdapat lahar panas.
  • Bukit.
  • Sungai : aliran air yang berkumpul dan mengalir alami dari permukaan tinggi ke permukaan rendah.
  • Hutan : tanah yang luas di tumbuhi pohon-pohon.
  • Danau : genangan air tawar yang sangat luas di batasi daratan.
  • Pulau.
  • Laut.
  • Rawa.
  • Pantai : tepi laut perbatasan daratan dan lautan.
  • Selat : laut di antara dua pulau.
Contoh lingkungan buatan :
  • Sawah.
  • Saluran air.
  • Perumahan.
  • Kolam.
  • Jalan.
  • Sekolah,
  • Pelabuhan,
  • Bandar udara.
  • Tambak.
  • Perkebunan.
Mandaat gunung :
  • Menanam padi.
  • Menanam sayuran.
  • Menanam buah-buahan.
  • Tempat hidup tumbuhan.
  • Tempat rekreasi.
Manfaat laut :
  • Tempat mencari ikan.
  • Olah raga selancar.
  • Membuat garam.
  • Berlayar.
Manfaat danau :
  • Menampung air hujan.
  • Mengaliri sawah.
Manfaat hutan :
  • Menghasilkan kayu.
  • Tempat tinggal hewan.
  • Menyerap air.
  • Untuk perkebunan.
  • Menanam pohon.
Manfaat sungai :
  • Untuk tempat arung jeram.
  • Untuk tempat olah raga air.
  • Tempat rekreasi.
Manfaat dataran rendah :
  • Menanam padi.
  • Menanam sayuran
  • Menanam buah-buahan.
Lingkungan buatan dibedakan menjadi dua :
- Lingkungan buatan berhubungan dengan alam contohnya
  • waduk
  • perkebunan
  • hutan buatan
  • tempat wisata di pegunungan
  • kebun binatang
  • taman buah
- Lingkungan buatan yang berhubungan dengan bangunan contohnya :
  • Pelabuhan
  • Stasiun
  • Terminal]pasar
  • Jalan
  • Pabrik
  • Pasar
TEMATIK 3 B

* Menuliskan contoh perilaku memelihara dan merusak lingkungan alam dan buatan.
* Menyebutkan cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan

Cara memlihara lingkungan alam di sekitar rumah :
  • Tidak menebang pohon sembarangan.
  • Menanam tanaman,
  • Tidak membuang sampah di sungai.
Cara memelihara lingkungan batan di sekitar rumah :
  • Membersihkan saluran air.
  • Membersihkan taman.
  • Memperbaiki jalan yang rusak.
Kita di sebut terlibat dalam pemeliharaan lingkungan jika :
  • Menegur teman yang membuang sampah sembarangan.
  • Membersihkan sampah yang berserakan di halaman.
  • Menanam pohon pelindung di pinggir jalan.
Kita harus menghindari perilaku yang merusak lingkungan di sekitar rumah seperti :
  • Membuang sampah ke saluran air.
  • Mencabuti bunga-bunga yang ada di taman.
  • Mencoret-coret dinding.
Jika lingkungan alam tidak dipelrihara maka :
  • Hutan : akan longsor jika di tebang sembarangan.
  • Sungai : penuh sampah dan banjir jika mmebuang sampah ke suangai
  • Laut : Ikan mati dan laut tercemar jika menangkap ikan dnegan racun dan bahan peledak.




TEMATIK 3C

* Membuat denah rumah
* Membuat denah rumah
* Membuat peta perjalanan dari rumah sampai sekolah

  • Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat.
  • Pembuatan denah harus menggunakan arah mata angin.
  • Bagian atas denah menunjukkan arah utara.
  • Bagian kiri denah menunjukkan arah barat.
  • Bagian bawah denah menunjukkan arah selatan.
  • Baguan kanan denah menunjukkan arah timur.
  • Gambar denah sekolah terdiri dari arah mata angin, gambar denah dan keterangan gambar.
         1. Mata angin untuk membantu mengetahui posisi/letak tiap bagian pada denah.
         2. Gambar denah merupakan gambar utama yang berisi gambar bagian-bagian gedung.
         3. Keterangan gambar menjelaskan gambar denah,biasanya menggunakan huruf/simbol/angka.
  • Denah berguna untuk mempermudah mengetahui dan menemukan letak suatu tempat.
  • Gambar denah biasanya terdapat di sekolah, kantor, tempat rekreasi, kartu undangan, terminal.

TEMATIK 3 D

* Mengidentifikasi bentuk kerja sama di lingkungan rumah dan sekolah.


Contoh kerja bakti di sekolah :
  • Ruang kelas dibersihkan bersama-sama.
  • Kebun sekolah dibersihkan bersama-sama.
  • Taman sekolah tampak indah karena diatur rapi.
  • Jalan menuju sekolah akan bersih dan nyaman dilalui setelah kerja bakti.
Kerja sama di masyarakat :
  • Ronda malam,
  • Arisan.
  • Kondangan.
  • Menjenguk tetangga sakit.
  • Kerja bakti
Contoh kerja sama di rumah :
  • Membersihkan rumah.
  • Membantu mencuci
Manfaat kerja sama di sekolah :
  • Banyak teman,
  • Disayang teman.
Manfaat kerja sama di rumah :
  • Disayang keluarga.
  • Pekerjaan menjadi ringan.
Manfaat kerja sama di masyarakat :
  • Menambah tali silaturahmi.
  • Menjadi erat hubungan dengan tetangga.
  • Lingkungan menjadi bersih, nyaman, dan sehat.
  • Lingkungan aman dari pencurian.
- Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Pekarjaan yang berat akan ringan jika dikerjakan bersama.
- Bergiliran = secara bergantian.
- Dipikul = beban yang dibawa di taruh di atas bahu.
- Dijinjing = membawa sesuatu dengan posisi tangan ke bawah dan tidak terlalu erat memegangnya.
- Gotong royong = melakukan sesuatu bersama-sama.

No comments: